5 Hal Yang Harus Diketahui Saat Sewa Alat Outdoor

ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan lakukan sebelum melakukan transaksi sewa menyewa peralatan gunung
Kartu Nama Green Campus Outdoor
Saat ini kegiatan mendaki gunung sudah menjadi tren baru di kalangan muda, terutama bagi kaum muda yang tinggal di kota – kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Bekasi dan kota lainnya. Di media sosial pun ramai sekali grup – grup komunitas pendaki gunung yang selalu eksis meramaikan jagad dunia maya.

Maraknya aktifitas mendaki gunung ini akhirnya menumbuhkan bisnis baru dibidang tersebut. Mulai dari sekelompok komunitas yang membuka trip pendakian bersama, tumbuh suburnya toko penjualan perlengkapan alat gunung serta hadirnya toko atau usaha yang bergerak di penyewaan peralatan naik gunung.

Hadirnya toko atau usaha penyewaan peralatan naik gunung ini sedikit banyak telah membantu dan berperan penting dalam meningkatkan maraknya aktifitas pendakian gunung atau trip lainnya. Mengapa?, karena seperti kita ketahui bersama. Harga perlengkapan mendaki gunung bukanlah termasuk barang yang murah. Untuk harga sebuah carrier atau ransel saja, paling murah kita harus merogoh kocek di atas Rp. 500 000, itupun untuk jenis carrier atau ransel standart buatan lokal. 

Sedangkan untuk carrier atau ransel import, paling sedikit kita harus merogoh kocek di atas Rp. 1.500 .000,-. Untuk sebagian orang mungkin harga tersebut bukanlah masalah, namun untuk sebagian lagi, bisa jadi harga tersebut merupakan pengeluaran yang sangat besar dan harus berfikir ulang untuk membelanjakannya. Itu baru ransel, bagaimana dengan tenda dome, sleeping bag, jaket serta peralatan naik gunung lainnya.

Maka hadirnya usaha penyewaan peralatan gunung terasa sangat membantu, karena rata – rata harga sewa yang dibandrol sesuai dengan kemampuan kantong penyewanya, terutama yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa.

Namun ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan lakukan sebelum melakukan transaksi sewa menyewa peralatan gunung.
Apa saja itu?? Kita mulai dari…

1. Perhatikan peraturan penyewaan.

Mengingat barang yang disewakan adalah barang kebutuhan tertier dengan harga yang lumayan mahal, biasanya para pemilik usaha penyewaan peralatan gunung memberikan peraturan penyewaan yang lumayan strike / tegas. Hal ini biasanya dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan para penyewa juga. Waktu pengambilan dan pengembalian barang adalah salah satu hal yang mutlak, termasuk jaminan penyewaan. Begitu juga untuk penggantian barang yang rusak atau hilang, semua denda dan sanksi biasanya di bebankan kepada penyewa. Jadi sebelum menyewa, ada baiknya Anda tanyakan dahulu aturan mainnya, jangan sampai nanti anda merasa dirugikan.

2. Cek Barang Pada Saat Penyerahan

Namanya juga barang rental, tentunya banyak yang pakai. Ada baiknya, sebelum barang Anda bawa dan gunakan, diperiksa bersama dengan pemilik usaha penyewaan dahulu pada saat serah terima barang. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan pada saat pengembalian barang. Khan gak lucu, orang lain yang bikin rusak tapi anda yang kebagian ganti, hanya karena kerusakannya baru terlihat pada saat Anda mengembalikan barang tersebut.

3. List Barang Yang Ingin Disewa

Hal ini terlihat sepele namun kadang malah bikin riweuh. Niatnya hanya ingin menyewa tenda dome, tapi pas sampai dilokasi penyewaan malah ingin menyewa barang lainnya. Tanpa sadar pengeluaran bertambah, apalagi untuk teman teman yang datang kelokasi penyewaan bersama rombongan. Kerap kali sampai dilokasi malah bingung apa  saja yang harus disewa.

4. Diskusikan Kondisi Barang Yang Akan Disewa.

Bertanya detail tentang kondisi barang yang akan disewa merupakan hal yang lumrah namun sering dilupakan. Ada baiknya saat booking alat by phone, Anda tanyakan juga kondisi barang yang ingin digunakan. Sehingga Anda punya alternatif lain lokasi penyewaan.

5. Sesuaikan Barang Yang Akan Disewa Dengan Tujuan.

Ini juga penting sekali. Banyak yang datang ke lokasi penyewaan, ingin menyewa tenda dome kapasitas besar karena ingin mendirikan tenda  dipinggir pantai. Jika melihat situasi dan kondisi pantai, maka tenda dome yang cocok digunakan adalah jenis renda dome ukuran sedang dengan kapasitas 4 orang/tenda. Mengapa?, karena angin pinggir laut cenderung lebih kencang serta pasak tak akan bertahan lama jika ditanam ditanah berpasir. Atau ada juga, yang ingin mendaki ke Gn. Ciremai via Linggarjati, malah menyewa tenda jenis Barito dgn kapasitas 12 orang/tenda dengan lebar 4,5 meter x 4,5 meter. Mau diriin dimana?, belum lagi berat frame tenda serta ukurannya yang di atas rata – rata. Jadi, baiknya kenali dulu lokasi yang akan dituju, lalu sesuaikan kira – kira peralatan apa saja yang butuh di sewa.


Demikian beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum melakukan transaksi penyewaan alat kemah dan peralatan gunung. Semoga bermanfaat.

- Sumber: tendakemping -


===================== 
- Green Campus Outdoor -
 " Tempat Sewa Alat Outdoor / Hiking / Camping Murah di Jakarta Timur dan Bogor "

Kunjungi juga :
 
Stok Perlengkapan Alat Outdoor di GCO
Previous
Next Post »
Assalamu'alaikum.. Kawan, terima kasih sudah berkunjung di WebBlog Green Campus Outdoor.. :)