Cara Mendirikan Tenda Consina Magnum 4



Assalamualaikum,

Tidak terasa sudah di pertengahan bulan mei. Di tulisan ini saya ingin sharing tentang pentingnya cara untuk mendirikan tenda. Karena dapat  membuat tenda yang kita miliki menjadi awet dan tidak mudah sobek, berikut tips untuk mendirikan tenda versi saya. He he. Semua tulisan adalah murni dari pengalaman saja jadi mungkin berbeda dengan kawan semuanya dalam pengaplikasi pendirian tenda.

Baiklah saya ingin mengurai sedikit tenda consina kapasitas 4 orang. pertanyaanya mengapa saya memilih tenda consina magnum, karena tenda ini saya rasa cocok untuk segala medan pendakian di Indonesia, kecuali Cartenz pyramid ya. he he. Tenda Consina magnum berjenis dome sudah umum digunakan dalam pendakian, selain tidak ribet, dan mudah di buat, hanya cukup minimal 1 orang atau 2 orang saja, tenda sudah dapat berdiri. Consina ini menurut saya berada di level kelas menengah dengan tipe 4 orang, cukup ribet dalam pendirianya akan tetapi ketika sudah berdiri tiap frame nya dapat menopang dengan baik dari angin dan badai sekalipun. Tenda ini telah saya coba di beberapa gunung dan bagus di iklim basah maupun panas. Baiklah mari kita coba untuk mendirikanya. Oh iya, cara ini juga dapat di pakai mendirikan  tenda merek lainya, jika ada kesempatan lainya akan saya update untuk tenda lainya. dikarenakan belum sempet naik saat beli tenda. jadinya bongkar tenda di depan rumah. akakak


1. Carilah lahan datar untuk berkemah, dan jarang tanaman.
untuk beberapa gunung tertentu lahan datar untuk perkemahan sedikit sehingga perlu datang lebih awal supaya memperoleh lahan datar.

2. Bongkar packing Tenda consina 







Bongkar packing tenda, di dalam tas tenda ada beberapa barang dari kiri ke kanan adalah flysheet, tempat pasak dan tali temali, terpal+ layer tenda bagian dalam, dan layer tenda bagian luar, Framing.  untuk layer tenda bagian luar kebtulan saya gabungkan untuk mempermudah mendirikan tenda dengan satu orang. untuk framing (rangka tenda) terdapat 3. 2 untuk rangka utama, dan 1 untuk rangka teras. biasanya membedakan cukup melihat dari sambunganya, rangka teras lebih sedikit dan ada tanda perbedaan (gambar paling atas terdapat isolasi biru untuk membedakan)

3. Buka Terpal dan bentangkan

buka terpal

layer bagian luar dan dalam di jadikan satu
buka terpal dan di bentangkan. lihat gambar atas layer bagian luar saya gabung menjadi 1.

4. Siapkan Frame atau rangka dengan menyambungkan. Terdapat 3 rangka, 2 rangka utama dan 1 rangka untuk teras


Siapkan frame (rangka utama tenda) dengan cara menyambung bagian frame seperti gambar diatas, nantinya akan di masukan di lobang yang telah di sediakan, dan cukup di ikuti saja arahnya :D

5. Masukan rangka frame ke tempat yang telah di sediakan


Setelah di masukan seperti gambar diatas. selanjutnya ada pengikat tenda dan ikatkan pada bagian pertemuan 2 rangka (perpotongan ) selanjutnya  angkat bagian tengah perpotongan rangka 1 dan rangka 2, sekaligus tahan tiap ujung rangka.

angkat bagian tengah frame perpotongan dan ikat
6. Pasang Rangka Tenda pada pin


setelah berdiri sempurna, jangan lupa untuk memasang pin ujung tiap tenda ke dalam ujung rangka. biasanya terdapat 4 pin untuk rangka urama dan 2 pin untuk rangka teras. oh iya jangan lupa, jika pengait (pin) tenda terdapat 2 berarti itu untuk teras :D


7. Pasang Rangka Teras

Rangka Teras

Teras telah di pasang 

Pasang Pin dan rangka
sedikit ribet dan susah memang untuk memasang rangka bagian teras, karena memang di desain melengkung, sehingga kita perlu sedikit usaha untuk memasukan frame. 

8. Kaitkan tenda luar ke pengaitnya

fly sheet 
kaitkan flysheet ke tempat yang telah di sediakan. 

9. Selesai

Selesai tampak depan

Selesai tampak Belakang
Jangan lupa untuk meletakan arah pintu menjauhi angin dan sinar matahari, misalkan angin dan sinar matahari dari timur, maka kita dapat meletakan pintu tenda menghadap selatan atau utara.

10. Pasang Tali temali dan pasak

Sepertinya ada yang kurang dan belum terphoto. yaitu pasang tali temali dan pasaknya, saya ambil dari blog kawan lainya :D

Pemasangan pasak dan pengait tenda




11. Cara memasang Pasak

saya ambil dari blog temen pramuka, yaitu memasang pasak yang benar adalah dengan di miringkan dengan kepala menjauhi tenda. 


Demikian tutorial singkat untuk mendirikan tenda. jika ada pertanyaan silahkan untuk bahan diskusi bersama :D

http://afrizalr.blogspot.com/2015/05/cara-mendirikantenda-consina-magnum.html

====================
- Green Campus Outdoor -
" Tempat Penyewaan Alat Outdoor / Hiking / Camping Murah di Jakarta Timur "

Kunjungi juga :
 
Stok Perlengkapan Alat Outdoor di GCO
Previous
Next Post »
Assalamu'alaikum.. Kawan, terima kasih sudah berkunjung di WebBlog Green Campus Outdoor.. :)